Wednesday, March 2, 2011

4 Trik Membidik Sang Penguasa Rumahtangga






Penguasa rumahtangga, itulah jabatan yang layak diberikan kepada wanita masa kini. Coba perhatikan siapa yang paling berperan dalam menentukan keputusan pembelian di keluarga Anda. Mungkin sebagian keputusan masih dipegang oleh ayah, tapi pengaruh ibu sangat besar untuk menentukan produk apa yang akan dibeli akhirnya.

Wanita semakin “berkuasa” dan rasional

Tren wanita karier dan meningkatnya kemandirian wanita masa kini, semakin memperkuat posisi wanita dalam proses keputusan pembelian produk. Berdasarkan data di Amerika Serikat, 80% keputusan pembelian ditentukan oleh wanita dan itu tidak hanya berlaku untuk produk rumahtangga, tapi juga produk-produk “lelaki.” Berikut ini beberapa angka statistik yang menunjukkan semakin “berkuasa”-nya wanita:
  • 80% pembelian pakaian (untuk pria, wanita dan anak-anak) dilakukan oleh wanita.
  • 52% pembelian kendaraan bermotor dilakukan oleh wanita (dan 85% dipengaruhi oleh wanita)
  • 40% pembelian alat elektronik dilakukan oleh wanita (dan 61% pembelian dipengaruhi oleh wanita)
  • 70% keputusan untuk pembelian produk kesehatan, dilakukan oleh wanita.
  • 70% keputusan untuk pembelian produk travel dilakukan oleh wanita.
  • 90% wanita berpartisipasi dalam keputusan yang mempengaruhi pengeluaran maupun investasi rumahtangga.
Karakter wanita dan cara “memikat” mereka
Meski secara umum wanita tetap impulsive ketika melakukan pembelian, tetapi ada kecenderungan mereka menjadi lebih rasional dan mengarah kepada perilaku smart spender karena pertimbangan utama mereka saat melakukan pembelian adalah kebutuhan. Dan bagi wanita, harga bukan menjadi penentu utama dalam pembelian produk, tetapi kualitas yang akan mereka utamakan.


Karakter wanita lainnya yang jelas terlihat ialah mereka lebih menggunakan faktor emosional dalam bertindak. Karenanya, Anda perlu menjalankan program pemasaran dengan pendekatan lebih personal kepada wanita. Berikut ini beberapa trik yang bisa Anda lakukan supaya aktivitas pemasaran yang anda lakukan lebih mudah diterima oleh pasar wanita:
  1. Komunikasikan nilai produk Anda, daripada fitur kelengkapan produk. Daripada menjelaskan apa itu air brake system pada mobil yang Anda jual, lebih baik terangkan nilai keamanan yang akan konsumen rasakan ketika mengendarainya.
  2. Seorang wanita sangat peka, jadi jangan pernah mengingkari janji berkaitan dengan produk atau layanan Anda. Jika toko Anda menjanjikan promosi beli 1 gratis 1, pastikan konsumen mendapatkannya dengan mudah.
  3. Wanita memiliki standard penilaian tinggi untuk produk yang ingin dia beli. Jadi, jangan pertaruhkan produk Anda dengan memberikan produk yang kurang berkualitas.
  4. Wanita merupakan pelanggan yang loyal. Anda harus bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan konsisten menyediakan produk yang memenuhi harapannya.

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...