Thursday, November 15, 2007

Apa sich enaknya jadi orang marketing ?

Hanya bisa mereka-reka program yang boro-boro bisa menghasilkan keuntungan perusahaan, bahkan belum jelas bisa diterapkan atau tidak. Membuat acara peluncuran produk baru yang gemerlap dengan bintang tamu selebriti papan atas, Memaksakan untuk membuat iklan yang cantik dan indah, dengan biaya selangit dan lagi-lagi hanya membuang anggaran perusahaan.
Atau mengadakan undian berhadiah dengan iming-iming hadiah heboh yang nilainya bisa ribuan bahkan ratusanribu kali dari harga jual produk. Yang itu hanya sedikit menaikkan penjualan selama masa promosi. Berusaha menciptakan merek fenomenal, dengan logo unik yang dipesan di konsultan merek terkenal. Kemudian membuat program pengenalan merek, yang menjangkau semua kalangan masyarakat. Ditambah dengan sponsorship acara olahraga terpopuler, atau mengadakan acara sosial yang diliput seluruh media nasional.
Dan program-program canggih lainnya yang tidak hanya spektakuler, tapi juga menguras habis keuangan perusahaan. Semua itu dilaksanakan dengan mengatasnamakan program marketing terpadu, atau upaya pembangunan merek dan istilah-istilah cantik lain yang diambil dari buku-buku pemasaran terlaris abad ini. Dan beberapa waktu kemudian, si orang marketing ini terlihat turun dari bis kota tepat di halaman depan gedung perkantoran, dengan membawa map bertuliskan kode MKTG didepannya…
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...