Monday, November 19, 2007

Pemasaran untuk Semua, Semua untuk Pemasaran

Jika kita berbicara tentang fungsi dan kegiatan pemasaran di sebuah perusahaan, pastilah bagian pemasaran yang menjadi aktor utamanya. Seakan-akan, hanya merekalah yang paling tahu soal pemasaran. Dan ketika produk perusahaan itu meraih penjualan yang bagus dan masyarakat sangat menyukai produk tersebut, bagian pemasaran menjadi bintang yang bersinar terang. Begitu juga sebaliknya, ketika produk tidak laku di pasaran, bagian marketing menjadi tersangka utama kegagalan tersebut.
Sebenarnya, tren pemasaran yang berkembang saat ini tidak seperti itu. Pemasaran merupakan fungsi dan kegiatan utama dalam perusahaan. Tanpa pemasaran yang baik, produk tidak bisa dijual dengan baik. Tanpa penjualan, perusahaan tidak mendapatkan keuntungan. Tanpa keuntungan yang cukup, perusahaan tidak bisa berjalan dengan sempurna. Dan akhirnya akan mati perlahan. Oleh karena itu, pemasaran adalah tugas bersama dari semua bagian dan semua orang yang tergabung dalam perusahaan tersebut. Mulai dari pemegang saham, direktur, manajer, staf, bahkan sampai yang bertugas membersihkan toilet kantor, harus ikut mendukung tugas pemasaran. Tentu saja sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing
Seharusnya, hal ini bisa menjadi mudah, karena semua orang dilahirkan sebagai seorang pemasar. Anda tidak percaya ? Dulu ketika kita masih bayi, apa yang kita lakukan untuk mendapatkan kesegaran ASI dari ibu kita ? Kemudian, di usia berikutnya ketika kita merengek kepada ayah kita untuk membelikan mobil-mobilan model terbaru, apa yang sedang kita lakukan ? Ya !, kita sedang memasarkan produk berupa kepentingan atau kebutuhan kita, kepada orang tua kita. Begitu juga pemasaran
Investor, harus bisa memasarkan konsep investasinya di perusahaan kepada istri dan anak-anaknya, kalo perlu kepada keluarga besarnya. Dia juga bisa memberikan kesan baik kepada masyarakat, yang Hal ini untuk menjaga kepercayaan
Direktur, harus bisa memasarkan nama baik dan integritas dirinya, supaya masyarakat tidak mencapnya sebagai orang yang tidak baik. Dia juga harus memasarkan kehandalan dan ketangguhan perusahannya, prospek kemajuan perusahaan ke depan dan kepedulian perusahaan kepada masyarakat. Tentu juga komitmen perusahaan untuk menaati pajak dan kebijakan pemerintah setempat.
Manajer Personalia, perlu bekerja keras untuk memasarkan jaminan kerja yang ditawarkan perusahaan kepada karyawannya. Gaji yang mencukupi, jenjang karir yang jelas, dan system pelatihan yang mendukung pengembangan SDM di perusahaan.
Kemudian, Manajer Produksi yang selalu berusaha mencipakan produk yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga bisa menjawab kebutuhan pasar. Produk yang bisa memasarkan dirinya sendiri, tanpa harus di
Lalu, bagaimana peran office bor atau bagian Cleaning Service perusahaan ? Tentu saja, banyak hal yang bisa mereka lakuka. Membuat karyawan nyaman ketika beraktivitas, dengan memastikan ruang kerja yang bersih. Meyakinkan tamu perusahaan akan ketelitian perusahaan yang bisa dilihat dari toiletnya yang bersih dan wangi. Atau sekedar memberikan senytuman yang tulus kepada semua yang ditemuinya sehingga bisa menginspirasi mereka untuk melakukan hal yang sama. Dan masih banyak hal lainnya yang bisa mendukung perusahaan untuk memnuhi tujuannya.
Jadi, siapapun Anda dan dimanapun posisi Anda berada, berlakulah sebagai seorang pemasar. Pasarkan diri Anda, integritas Anda, kemampuan Anda dan komitmen Anda kepada semua orang.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...