Thursday, November 22, 2007

Keep It Simple, Stupid !


Mungkin ungkapan tadi terlalu kasar ya, tapi kayaknya perlu sich,untuk meyadarkan kita dari pesona sebuah kerumitan. Ketika semua orang ingin menjadi serba bisa. Berusaha terlihat lebih pintar dengan istilah-istilah canggih. Membesarkan perusahaan dengan mengakuisisi perusahaan pesaing. Atau meluncurkan merek-merek baru untuk memenuhi keinginan pasar.
Menjadi lebih besar bisa berarti melipatkan sumberdaya perusahaan, sehingga mampu meningkatkan laba perusahaan dengan merebut pangsa pasar lebih besar. Tapi, menjadi besar kadang malah menambah masalah. Birokrasi menjadi berlapis-lapis. Komunikasi semakin banyak halangan, dan kerumitan yang lain. Kalo sudah begini, mungkin sudah saatnya perlu ucapan KISS, Keep It Simple Stupid !.
Prinsip inilah yang coba dikemukakan dalam buku The Power of Simplicity karangan Jack Trout bersama Steve Rivkin. Kedua penulis ini cukup rajin menulis tentang marketing, khususnya yang membahas positioning. Jack Trout adalah presiden Trout and Partners, yang menangani kien seperti AT&T, IBM, Merck dan Southwest Airlines. Sementara Steve Rivkin juga merupakan kepala kantor komunikasi yang mengani banyak klien, diantaranya Kraft Foods.
Menjadi lebih simple atau sederhana adalah solusi untuk survive dalam persaingan bisnis yang menggila. Di buku The Power of Simplicity ini, dibahas apa saja yang harus disederhanakan dalam perusahaan. Mulai dari menyederhanakan mindset atau pola pikir SDM-nya. Kemudian manajemen yang ramping dan efektif. Deklarasi visi dan misi perusahaaan yang lebih jelas. Sampai dengan isu-isu kemanusiaan yang menyangkut motivasi dan pengembangan diri.
Beberapa perusahaan dijadikan studi kasus yang menjelaskan penerapan prinsip kesederhanaan ini. Seperti Papa John’s Pizza, Southwest Airlines, Palm Pilot Organizer dan Kohl’s Department Stores. Dalam rangkuman sederhana bab terakhir, disebutkan “ Buatlah bisnis Anda sesederhana mungkin, maka hal-hal baik akan terjadi “. Bagaimana menurut Anda ?
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...